Monday, March 28, 2016

Peragaan Manasik Haji Anak, Manfaat, Motivasi, Kesan, Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan

da3-tadi-malam.blogspot.comPeragaan Manasik Haji Anak, Manfaat, Motivasi, Kesan, Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan. Salah satu kegiatan rutin yang dilaksanakan di pendidikan anak usia dini baik itu RA/BA/TK adalah kegiatan Peragaan Manasik Haji Anak. Kegiatan tersebut biasanya dilakukan secara beramai-ramai dengan gabungan beberapa lembaga sekolah, baik itu lembaga se-kecamatan atau se-kabupaten sekaligus. Namun ada juga sekolah yang mengadakan di lembaganya sendiri yang kemudian mengajak lembaga sekolah lain untuk bergabung melaksanakan kegiatan tersebut.




Kegiatan Peragaan Manasik Haji Anak biasanya dilaksanakan setahun sekali di setiap lembaga. Di kota Jepara misalnya, kegiatan Peragaan Manasik Haji Anak di lingkungan RA/BA dilaksanakan setahun sekali secara bersama-sama di alun-alun kota yang dihandle oleh panitia Ikatan Guru Raudlatul Athfal (IGRA) Jepara.
Kegiatan rutin tahunan ini tentunya mempunyai segudang manfaat bagi pendidikan anak usia dini. Jikapun tidak tentu kegiatan tersebut tidak akan dijadikan agenda tahunan di kota Jepara. Beberapa manfaat kegiatan Peragaan Manasik Haji Anak adalah:
1.   Menanamkan nilai agama dan moral yang kuat sejak dini karena ibadah haji merupakan rukun Islam yang kelima sebagai tanda penyempurnaan keislaman seseorang.
2.   Anak dapat mengenal pelaksanaan ibadah haji baik itu materi, praktek, dan beberapa tata tertib haji.
3.   Melatih anak bersabar, disiplin dan kompak.
4.   Ajang untuk mempererat ukhuwah islamiyah antar peserta didik, guru, wali murid dan antar sekolah.
Dari beberapa manfaat diatas, adapula pendapat lain yang mempertanyakan keefektifan pelaksanaan Peragaan Manasik Haji Anak mengingat kegiatan ini cukup berat karena banyaknya hafalan bacaan, praktek-praktek, dan medan lapangan yang panas serta berdesakan. Kondisi semacam ini tentunya malah memberikan kesan negatif terhadap anak akan kondisi kecapekan, kelelahan dan kepanasan. Namun agar kesan tersebut tidak membekas, maka guru dapat mencegahnya dengan menciptakan perasaan berkesan pada kegiatan tersebut.
Berikut beberapa langkah agar kegiatan Peragaan Manasik Haji Anak berkesan positif, diantaranya:
1.   Berikan pemahaman mengenai niat haji. Niat haji merupakan rukun yang harus dimiliki seseorang yang mau berangkat haji. Anak yang sudah memiliki niat yang sungguh-sungguh tentunya akan siap dengan kondisi apapun untuk melaksanakan kegiatan ini.
2.   Putarkanlah video tentang perjalanan haji yang sebenarnya, sehingga anak setidaknya lebih mengerti bahwa yang akan dilakukan nanti cukup berat.
3.   Guru harus memahami betul teknis pelaksanaan manasik haji anak ini, sehingga tidak salah memberikan penjelasan kepada anak.
4.   Jelaskan bahwa peragaan ini bersifat mengenalkan ibadah haji, yang mana kegiatan ibadah haji yang sebenarnya dilaksanakan di Makkah dan diharapkan suatu saat nanti anak bisa berkunjung ke sana.
5.  Saat peragaan berlangsung, latih anak agar menjaga mulutnya untuk tidak mengeluh.
6.   Ajari anak untuk antri dan sabar sesuai dengan nomer kloter.
7.   Ajari anak untuk mengikuti semua urutan kegiatan pelaksanaan dan patuhi semua aturan-aturan yang ada dengan senang hati, karena itu merupakan salah satu perintah Allah yang harus dipatuhi.
8.   Karena kegiatan ini merupakan suatu proses pembelajaran, jangan lupa untuk para guru tetap memprioritaskan keceriaan anak dengan menjaga kondisi sebagai kegiatan yang menyenangkan.
Dari beberapa langkah di atas ada pula hal penting yang perlu dipahami bahwa Peragaan Manasik Haji Anak ini tidak semata-mata sekedar mengajak anak untuk keluar dari lingkungan sekolah atau sekedar jalan-jalan.  Motivasi untuk timbul niat berhaji pada suatu hari itu adalah hal penting yang perlu dipertimbangkan. Karena dikaji dari karakteristik pendidikan anak usia dini bahwa anak usia dini merekam apa yang dialaminya secara otomatis.

Saturday, March 26, 2016

Dila Karawang yang tersenggol di grup 1 Top 10 tadi malam, Sabtu, 26 Maret 2016 D Academy 3

Review Konser Result Final Grup 1 Top 10 Tadi Malam, Sabtu, 26 Maret 2016
da3-tadi-malam.com Dila Karawang yang tersenggol di grup 1 Top 10 tadi malam, Sabtu, 26 Maret 2016 D Academy 3. Konser Result Final Top 10 tadi malam menampilkan grup 1 yang terdiri dari Irsya Bandung, Rafly Gowa, Dila Karawang, Anggun Bima dan Rani Kutai Kartanegara. Kelima peserta ini telah berkompetisi sejak hari Jum’at kemarin (25/3). Setelah bersaing cukup ketat, akhirnya Dila Karawang yang tersenggol di grup 1 Top 10 tadi malam, Sabtu, 26 Maret 2016 D Academy 3 karena mendapatkan lampu merah lebih banyak dibandingkan dengan peserta lain.


Dipandu oleh tiga host, Rina Nose, Ramzi dan Gilang Dhirga, konser ini berlangsung lumayan seru. Dinilai oleh kelima dewan juri yakni, Inul Daratista, Rita Sugiarto, Hetty Koes Endang, Fakhrul Razi dan Beniqno Aquino serta dikomentari oleh Soimah untuk aksi panggung dan Ivan Gunawan untuk busana.
Konser diawali oleh penampilan bunda Rita, bunda Inul, bunda Hetty dan Beniqno menyanyikan lagu “Apa Kabar”. Dilanjutkan Ivan Gunawan dan Soimah menyanyikan lagu “Santai” dan diakhiri oleh ketiga host yang menyanyikan lagu “Darah Muda”.
Sebelum para kontestan berunjuk gigi, para host mengumumkan siapa peserta yang mendapatkan perolehan SMS akumulasi tertinggi. Dan yang mendapatkan posisi tersebut adalah Irsya Bandung menggeser Anggun Bima yang mana di akhir acara pada malam pertama konser mendapatkan polling SMS tertinggi sementara. Irsya Bandung mendapatkan privillage ini adalah untuk pertama kalinya, sehingga Irsya sangat senang dan terharu.


Karena Irsya Bandung mendapatkan keistimewaan tadi malam di kompetisi ini tidak dinilai oleh dewan juri dan dipastikan lolos ke babak 8 besar, maka Irsya tampil pertama dengan membawakan lagu “Mirasantika” lagu bang Haji Rhoma Irama dengan nuansa pop-dangdut. Diakui oleh para juri penampilan Irsya memang lain dari pada yang lain dan pantas mendapatkan privillage.
Peserta yang tampil di Konser Result Final Top 10 tadi malam setelah Irsya adalah Rafly Gowa dengan membawakan lagu “Musik”. Menurut bunda Hetty, kegagalan kemarin malam membuat penampilan tadi malam mulus. Rafly masuk ke zona tidak aman tadi malam dan mendapatkan dua lampu merah dari dewan juri.
Setelah Rafly, peserta yang tampil adalah Dila Karawang dengan menyanyikan lagu “Nasibku”. Hampir seluruh dewan juri mengkritisi penampilan Dila kali ini karena penampilan Dila yang kurang maksimal. Dila mendapatkan tiga lampu merah dan dua lampu hijau sehingga harus tersenggol di grup 1 Top 10 tadi malam, Sabtu, 26 Maret 2016 D Academy 3.
Peserta keempat yang tampil adalah Anggun Bima. Menurut bunda Rita cukup bagus tapi kurang maksimal. Anggun tadi malam masuk zona aman menyusul Irsya Bandung.
Peserta terakhir yang tampil di Konser Result Final Top 10 tadi malam adalah Rani Kutai Kartanegara dengan menyanyikan lagu “Derita”. Menurut bunda Inul, penampilan Rani sederhana tapi sangat spesial. Menurut bunda Hetty, penampilan Rani sebagai penutup yang terbagus. Rani masuk kezona tidak aman akan tetapi Rani mendapatkan lima lampu hijau dari kelima dewan juri.


Dengan demikian Dila Karawang yang tersenggol di grup 1 Top 10 tadi malam, Sabtu, 26 Maret 2016 dan tidak dapat lagi meneruskan perjuangan di D Academy 3.

Friday, March 25, 2016

Review Konser Final Top 10 D Academy 3 Tadi Malam, Jum’at, 25 Maret 2016 Grup 1

Review Konser Final Top 10 DA3, Perolehan SMS sementara, Review Penampilan Anggun Bima


da3-tadi-malam.com Review Konser Final Top 10 D Academy 3 Tadi Malam, Jum’at, 25 Maret 2016 Grup 1. Indosiar menggelar konser perdana Top 10 D Academy 3 tadi malam yang mana acara tersebut dimulai pukul 18.30WIB dengan menampilkan peserta grup 1 Top 10 besar. Babak baru di grup 1 ini adalah Rafly Gowa, Rani Kutai Kartanegara, Irsya Bandung, Dila Karawang dan Anggun Bima. Tadi malam, kelima finalis bersaing sangat ketat karena kompetisi menyanyi ini semakin mengerucut untuk memperebutkan sang bintang pentas D Academy 3. Untuk peserta yang tersenggol di grup 1 Top 10 besar ini masih akan ditentukan pada penampilan mereka di malam kedua yang akan digelar nanti malam.
Nasib nanti malam dari kelima peserta ini akan ditentukan dari perolehan SMS dan juga vote dewan juri. Peserta yang mendapatkan 2 SMS tertinggi nanti malam secara otomatis akan masuk ke zona aman dan berhak masuk ke babak 8 besar. Sedangkan peserta yang mendapat polling SMS terbawah akan ditentukan oleh dewan juri siapa yang pantas maju ke babak selanjutnya dan siapa yang harus tersenggol meninggalkan panggung D Academy 3.
Perolehan SMS sementara tadi malam adalah:
1.   Anggun Bima                 :33,1%
2.   Rafly Gowa                     : 24,1%
3.   Irsya Bandung               : 17%
4.   Dila Karawang
5.   Rani Kutai Kartanegara
Jika perolehan akumulasi SMS dari kemarin hingga nanti malam menempatkan Anggun Bima dan Rafly Gowa di posisi yang sama dapat dipastikan mereka berdua akan masuk ke babak 8 besar. Namun jika akumulasi SMSnya tergeser oleh pesrta lain maka harapan tersebut nantinya akan ditentukan oleh dewan juri.
Review Penampilan Anggun Bima
Anggun Bima telah mendapatkan SMS sementara tertinggi tadi malam. Penampilannya di Konser Final Top 10 D Academy 3 Tadi Malam, Jum’at, 25 Maret 2016 Grup 1 dengan menyanyikan lagu “Mimpi Manis” lagu Dewi Persik. Menurut bunda Rita, penampilan Anggun seru sekali, nyanyi dan penjiwaannya bagus membuat suasana seperti menonton film India. Malam hari ini Anggun tidak ada cacat. Kalau ada, itupun tertutup dengan totalitas dia karena Anggun malam ini sangat total.
Menurut mami Idayu, suara Anggun punya tone yang sangat baik, mami suka, jelas, tapi first note awal Anggun suda sumbang. Mami bilang penampilan Anggun tadi malam bagus tapi tidak sebagus pada hari itu (penampilan Anggun di malam-malam lalu)
Menurut bunda Inul, Anggun tadi malam seperti konser di suatu tempat, dan Anggun penjiwaannya dapet, rasanya dapet, gayanya sudah sok cantik, Anggun menunjukkan kualitas dirinya. Tapi di rall pas ujung tidak duduk alias fals, dan desahan nafasnya sudah lain, bukan desahan bernyanyi. Di reff masih kasar, powernya terlalu kencang karena Anggun terlalu happy, controlnya jangan sampai terlupakan. Tapi untuk keseluruhan bunda Inul suka.
Menurut Beniqno, Beniqno terhipnotis dengan penampilan panggung Anggun. Anggun bisa menjiwai konsep Batavia Dancer yang diberikan. Tapi ada gerakan yang mesti dipelajari agar lebih enak goyangnya. Power Anggun sangat kuat, tapi kalau bernyanyi harus ada dinamikanya, kerasnya di mana, lemah lembutnya di mana, jangan dihantam terus.
Menurut bunda Hetty, gaya dan suara jika digabung untuk penampilan Anggun tadi malam sudah bagus tapi kurang maksimal. Anggun dapat dua kedipan cantik dari bunda Hetty.
Tambahan pendapat dari Soimah, penampilan Anggun tadi malam adalah penampilan terburuk selama di panggung D Academy 3 karena Anggun kelihatan sekali masih meraba-raba di konsep ini. Dan saat menari, Anggun hanya mengikuti gerakan dari penari saja. Saat ditanya mengenai penilaian Soimah apakah betul yang dengan apa yang dirasakan oleh Anggun atau tidak, Anggun mengakui kalau saat menari di bagian depan panggung Anggun memang belum hafal gerakannya.
Di segmen Anggun tadi malam, ada kehadiran Adi D Academy 2 Bima yang mendukung Anggun untuk menjadi juara.

Jangan lupa saksikan penampilan Anggun dan keempat finalis di Konser Result Final Top 10 D Academ 3 Nanti Malam, Sabtu, 26 Maret 2016 di Indosiar dan dukung kontestan favorit Anda dengan kirim SMS sebanyak-banyaknya.

Wednesday, March 23, 2016

Antara Aku dan Minthun (Peliharaan Kucing Kesayangan)

da3-tadi-malam.blogspot.com- Antara Aku dan Minthun (Peliharaan Kucing Kesayangan). Dulu waktu kecil, aku punya peliharaan kucing perempuan. Entah bagaimana awal mula aku punya kucing aku tidak tahu, tapi yang jelas sudah punya aja itu kucing.
Zaman waktu itu, aku amat sangat menyayangi kucing. Kalau pas pagi si kucing selalu membangunkan aku dengan tiba-tiba menyusul tidur di sampingku. Lha kok bisa nyusul? Yaaa zaman kecilkan tidurnya masih bareng sama orang tua, jadi jika ortu sudah bangun dulu beliau tidak menutup kembali pintunya, hingga akhirnya si kucing bisa masuk dan menyusul aku tidur di kasur.
Kucing temanku, bukan Minthun
Setiap hari aku mengasih makan kucingku itu dan selalu aku ajak main. Hingga suatu hari si kucing hamil lalu melahirkan, dari situ aku mulai punya turunan hewan peliharaan kucing. Iya, turun temurun sampai sekarang umurku yang mau menginjak 24 tahun. Namun, dari sekian tahun yang kulewati dengan si kucing, kucing yang sekaranglah yang paling istimewa. Tau kenapa? Karena bergender laki-laki. It’s so spesial. Karena sebelumnya perempuan terus. Walaupun selama bertahun-tahun perempuan, bukan berarti kucingku menjadi sangat banyak. Bukan. Karena di setiap periodenya pasti ada yang pergi. Entah pergi sendiri, entah juga dipergiin alias dipindah tempatkan ke tempat lain. Istilah orang desa si dibuang. Tapi kalau bilang dibuang rasanya sadis sekali ya? Dan yang bertahan di rumah hanya satu di setiap periodenya. Dan yang sekarang ini yang tinggal di rumah adalah kucing laki-laki bernama “Minthun”. Ups!! Catatan!! dari semua kucing yang tinggal di rumahku selalu aku kasih nama Minthun. Jadi, ini adalah Minthun yang kesekian kalinya.
Minthun kucing laki-lakiku berbulu putih bersih. Tidak seperti kucing anggora tentunya karena Minthun adalah kucing kampung biasa. Yaaa bisa dikatakan ini mungkin adalah kucing terakhir dalam hidupku karena turunannya akan tidak ada. Si Minthun kan berjenis kelamin laki-laki. Kecuali kalau aku tahu dengan kucing mana dia menjalin kisah asmara. Bicara tentang cinta, begini nih ceritanya..
Antara Aku dan Minthun..
Saat Minthun kecil (kucingku sekarang), aku berumur awal kuliah. Dan sekarang ini (2016) aku sudah satu tahun lulus kuliah. Jadi umur Minthun kurang lebih sekitar 5 tahunan. Selama ini aku menganggap kucing Minthun adalah sesosok adek yang manja (karena aku tidak punya adek). Bayangkan, setiap hari saat dia lapar, dia selalu mengeong keras-keras. Seperti adek kecil yang menangis. Selain itu adek kucing selalu ikut mondar-mandir sana-sini semisal aku pergi ke toko beli sabun dan aku panggil dia untuk mengikutiku, dia pasti ikut. Lalu saat menggoreng ikan misalnya. Mungkin dia bau dan tau kalau aku sedang memasak dan dia dengan sabarnya menunggu tenang di samping kakiku. Yaa harapannya setelah matang nanti dia aku kasih. Dan emang benar aku kasih soalnya sudah kebiasaan.
Bukan Minthun sebenarnya

Dari situlah aku menganggap kalau kucingku adalah sesosok adekku yang manja. Tapi, asumsiku seketika beberapa waktu lalu saat aku ba’da Shalat Dhuhur. Kucingku Minthun menungguiku sholat ingin segera makan siang. Karena mengeong terus akhirnya ia aku bentak. Si kucingpun diam. Aku terdiam dan aku perhatikan dia. Wajahnya tidak segemuk dulu rupanya. Pipinya “kempong”, begitu kira-kira dalam bahasa Jawa. Ternyata kucingku sudah tua. Dan aku ingat sesuatu yang membuatku tersentak terhadapnya. Aku salah menganggapnya sebagai adek yang manja. Aku salah menganggap kalau sebagai adek itu biasanya lebih tidak dewasa pemikirannya. Ternyata aku keliru. Tahu kenapa? Aku belum menikah dan belum tahu banyak tentang jalinan kisak asmara tapi dia tanpa kusadari selama ini sudah kawin ke beberapa kucing perempuan (sering kuperhatikan gonta-ganti tempat kunjungan. Terkadang ke rumah sebelah, terkadang ke rumah seberang jalan). Iya, kan? Oh My God Allah.. dari mana saja aku selama ini? Aku jadi sedikit ngiri dengan si kucing Minthun. Karena usiaku yang masuk dalam kategori A Quarter of Life ini belum tau banyak tentang itu. Dan kata orang-orang itu merupakan nikmat dunia yang diberikan Allah kategori enak diantara yang enak dalam prakteknya. Hehehe. Kucingku umur 5 tahun dan dia sudah bolak balik melakukannya? Ternyata aku salah menilai dia yang tidak lebih dewasa dari aku. So, belajar dari si kucing aku harus semangat mengejar cita cinta. Hehehehe. Mohon do’anya ya, say. Sekarang aku sedang menjalin kisah cinta dengan kekasih, seorang lelaki yang sholih, semoga dimudahkan  urusan kami untuk menuju sunnah Rasul-Nya. Amin. Yang belum dipertemukan jodoh semoga segera didekatkan dan yang sudah berkeluarga semoga samaraba alias Sakinah, Mawaddah, Warohmah. Amin ya Robbal Alamin. #Semangat ^_^

Tuesday, March 22, 2016

Arin Cirebon yang tersenggol tadi malam di grup 4 Top 15 D Academy 3, Selasa, 22 Maret 2016

Yang Tersenggol Dan Yang Akan Tampil
Arin Cirebon yang tersenggol tadi malam di grup 4 Top 15 D Academy 3, Selasa, 22 Maret 2016- Konser Result Final Top 15 tadi malam digelar untuk grup 4 dengan penampilan kedua mereka. Seperti dengan malam sebelumnya grup 4 ini terdiri dari Anggun Bima, Rafly Gowa dan Arin Cirebon. Setelah bersaing cukup ketat, akhirnya Arin Cirebon yang tersenggol tadi malam di grup 4 Top 15 D Academy 3, Selasa, 22 Maret 2016 karena memperoleh SMS terendah dibanding dua kontestan lain.
Anggun Bima membuka Konser Result Final Top 15 D Academy 3 tadi malam. Banyak sekali kemajuannya menurut bunda Rita. Kelemahan hanya dinada rendah, komentar teh Iis. Empat jempol untuk Anggun dari bunda Inul. Penampilan kedua harus lebih bagus lagi, semangat dari Beniqno. Anggun yang nge-fans sekali dengan Beniqno kemarin malam sempat mendapat pelukan dari sang pujaan hati.
Finalis kedua yang tampil adalah Rafly Gowa. Untuk pertama kalinya Rafly mendapat standing applause dari kelima dewan juri tadi malam. Dan itu merupakan beban baru bagu putra 16 tahun ini untuk selalu tampil bagus dimalam-malam selanjutnya. Kata Mami, “Mami tak paham lagu itu, tapi Rafly buat seolah-olah Mami paham akan lagu itu”. Menurut Beniqno, cengkoknya Rafly dapat sekali. Dan penjiwaannya juga dapat. Bunda Rita tidak bisa berkata apa-apa karena saking bagusnya. Bunda Rita tidak ada koreksi. Bunda Rita juga tanya kapan rekaman? Rafly harus rekaman. Ditambah pesan dari bunda Rita lagi, jangan sampai naik turun, dilagu kedua harus bagus.
Lagu berjudul “Kunanti Di Pintu Surga” dibawakan oleh Arin sebagai kontestan penutup di Konser Result Final Top 15 tadi malam. Menurut Beniqno, diawal-awal ada serak diujung liriknya. Untuk penjiwaannya too much, disarankan oleh Beniqno jangan terlalu membungkuk biar enak dilihat. Menurut teh Iis, ekspresinya Arin kurang natural, kayak tempelan dan di awal-awal kayak ada serak. Pendapat dari Mami Idayu, mami sangat suke Arin, apalagi pas first course ada not yang tak sampai. Cara bernyanyi mendongak juga tak betul. Menurut bunda Rita, sudah lumayan bagus, ciri khas bungkuk, cengkok, itu menunjukkan Arin sudah punya karakter seorang penyanyi. “Tapi kalau boleh kasih saran powernya ditambah lagi biar lebih lantang”, tambah bunda Rita. Menurut bunda Inul, suara Arin lembut, dangdutnya mateng sekali tapi kurang bermain tipis-tebal. Selebihnya bunda Inul menikmati sekali dangdutnya.
Setelah ketiga finalis tampil, kini waktunya para host memandu proses eliminasi grup 4 kali ini. Rafly Gowa dan Arin Cirebon masuk ke zona tidak aman. Dan hasilnya baik Rafly maupun Arin mendapatkan satu lampu merah dan empat lampu hijau. Karena hasilnya sama maka dilihatlah perolehan SMS. Dari polling SMS menyatakan, Arin Cirebon mendapatkan SMS lebih rendah dari pada Rafly Gowa sehingga akhirnya Arin Cirebon yang tersenggol tadi malam di grup 4 Top 15 D Academy 3, Selasa, 22 Maret 2016.
Peserta Yang Akan Tampil
Grup terakhir yang akan tampil di babak 15 besar adalah peserta dari grup 5. Mereka adalah Icha Tangerang, Weni Pontianak dan Ismail Gorontalo. Siapakan diantara mereka yang pantas masuk ke babak 10 besar? Dan siapa pula yang akan tersenggol di grup 5 kali ini? Dukung jagoanmu dengan cara ketik DA spasi NAMA PESERTA kirim ke 97288 sebanyak-banyaknya.

Monday, March 21, 2016

Review Konser Final Top 15 D Academy 3 Tadi Malam, Senin, 21 Maret 2016 Grup 4

Konser Final Top 15 D Academy 3 tadi malam, Senin, 21 Maret 2016 menampilkan peserta dari grup 4. Penampilan peserta tadi malam salah satunya untuk menentukan penjurian nanti malam. Salah satu dari finalis grup 4 ini ini nanti malam akan diekekusi tersenggol oleh dewan juri. Biasanya, untuk menentukan siapa peserta yang pantas tersenggol, penilaian akan berdasarkan kepada penilaian juri. Jika hasil vote juri hasilnya sama, maka akan dilihat perolehan SMS, perolehan SMS terendah akan tersenggol dan peserta lain akan berhak maju ke babak 10 besar.
Ketiga finalis yang tampil tadi malam adalah Rafly Gowa, Arin Cirebon dan Anggun Bima. Ditemani oleh empat host kocak, Irfan Hakim, Ramzi, Andhika Pratama dan Gilang Dhirga. Juri yang hadir di konser tadi malam adalah Erie Suzan, Inul Daratista, Iis Dahlia, Rita Sugiarto dan juri D Academy 1 dan 2, Beniqno Aquino. Sementara komentator yang hadir tadi malam lengkap, yakni, Ivan Gunawan, Nassar dan Soimah. Konser tadi malam dibuka oleh bunda Inul dengan menyanyikan lagu “Bali Tersenyum”.
Diawali oleh Rafly Gowa sebagai finalis pertama di Konser Final Top 15 D Academy 3 Tadi Malam, Senin, 21 Maret 2016 Grup  4 dengan menyanyikan lgu “Cantik”. Menurut teh Erie cengkoknya manis dan penampilannya sesuai dengan lagu yang dibawakan. Komentar dari teh Isdah, karena Rafly geraknya terlalu jadi nafasnya tersengal-sengal. Komentar Beniqno hampir sama dengan teh Iis, selain itu Beniqno juga menambahkan kalau si Rafly kelihatan sekali pas bernyanyi masih memikirkan gerakannya. Kritikan dari bunda Rita, Rafly terlalu banyak goyang, membuat Rafly tidak fokus untuk vokal suaranya dalam bernyanyi. Pesan dari bunda Inul, kalau Rafly ingin jadi juara, sebaiknya dengarkan komentar dewan juri.
Di lagu kedua Rafly membawakan lagu berjudul “Kehilangan”. Bunda Rita penasaran dengan tehnik langka yang dimiliki Rafly. Menurut Beniqno, dua lagu yang sudah dinyanyikan Rafly ini keren sekali. Masalah rasa dipertimbangkan oleh bunda Inul.
Penampilan Rafly sepertinya memang selalu ditunggu-tunggu oleh Soimah, pasalnya Rafly rencananya akan diberi uang dua juta oleh Soimah sebagai apresiasi agar Rafly selalu semangat dalam belajar bernyanyi. Akan tetapi niat baik tersebut diurungkan oleh Soimah karena Rafly membuat hati Soimah jengkel dengan menirukan kata-kata dari Ramzi. Memang suasana jadi meriah dan lucu, tapi Rafly terlalu dini untuk menyampaikan kata-kata yang didengar kurang sopan dan kurang pantas.
Penampilan kedua di konser tadi malam adalah Arin Cirebon dengan membawakan lagu berjudul “Selalu Milikmu” milik Ikke Nurjanah yang dinyanyikan oleh Arin dengan sangat merdu. Komentar teh Iis, Arin cari aman, jadi harus lebih atraktif lagi. Lagu pertama sedang-sedang saja, komentar bunda Rita.
Penampilan terakhir adalah Anggun Bima sebagai finalis penutup Konser Final Top 15 D Academy 3 Tadi Malam, Senin, 21 Maret 2016 Grup 4 dengan menyanyikan lagu “Bagai Disambar Petir”. Bunda Iis dan bunda Inul berkomentar sama kalau penampilan Anggun tadi malam sangat sempurna dan bagus sekali.
Hasil perolehan SMS tertinggi menunjukkan Rafly Gowa dengan mendapatkan 35,9%. Perolehan SMS ini adalah SMS sementara yanga akan diakumulasikan samapi nanti malam di konser kedua grup 4, Selasa, 22 Maret 2016.

Jangan lupa saksikan dan dukung peserta favoritmu agar tidak tersenggol dengan cara kirim SMS dangdut ketik DA spasi NAMA PESERTA kirim ke 97288 sebanyak-banyaknya.

Saturday, March 19, 2016

Tasya Pekanbaru Yang Tersenggol Tadi Malam, Sabtu, 19 Maret 2016 Di Grup 3 Top 15 D Academy 3

Review Konser Result Final Top 15 Dan Yang Akan Tampil Selanjutnya Di Grup 4 Top 15 D Academy 3

da3-tadi-malam.blogspot.com- Tasya Pekanbaru yang tersenggol tadi malam, Sabtu, 19 Maret 2016 di grup 3 Top 15 D Academy 3. Konser Result Final Top 15 D Academy 3 tadi malam menampilkan peserta dari grup 3 seperti pada malam sebelumnya. Mereka adalah Ical Majene, Rani Kutai Kartanegara dan Tasya Pekanbaru. Mereka telah bersaing sejak 18 Maret 2016 dengan membawakan 4 lagu yang berbeda. Dan akhirnya, Tasya Pekanbaru yang tersenggol tadi malam, Sabtu, 19 Maret 2016 di grup 3 Top 15 D Academy 3 karena mendapat dua lampu merah dari dewan juri. Sebelumnya ada Nisa Solo YangTersenggol Di Grup 2 Konser Result Final Top 15 D Academy 3 Tadi Malam, Kamis,17 Maret 2016.

Review penampilan peserta grup 3*
Penampilan pertama adalah Ical Majene sebagai pembuka Konser Result Final Top 15 D Academy 3 tadi malam, Sabtu, 19 Maret 2016 dengan menyanyikan lagu “Sakitnya Tuh Di Sini”. Komentar dari bunda Inul, lagu ini bisa menjadi sesuatu saat dibawakan oleh Ical, karena Ical memberikan warna baru di lagu ini. Ical memberi kejutan di penampilannya kali ini, dan merupakan opening yang bagus untuk hari ini. Sementara di lagu yang kedua Ical menyanyikan lagu “Air Tuba”. Ical mendapat standing applause dari semua dewan juri dan komentator. Salah satu komentar dari bunda Hetty, ekspresi Ical bagus, feelingnya Ical dapat, para penarinya Ical cuekin, pokoknya bikin merinding bulu roma bunda Hetty.
Selanjutnya Rani Kutai Kartanegara dengan membawakan lagu berjudul “Khusus Malam Ini”. Teh Iis berkomentar, Rani kembali dengan suara menggelegarnya. Di lagu ini Rani keren banget. Hari ini, di lagu ini, Rani endol surendol tak kendol-kendol. Di lagu kedua Rani membawakan lagu berjudul “Cinta Rahasia”. Fakhrul berkomentar kalau di lagu ini terbuai oleh penampilan Rani seakan-akan seperti terbius.
Tasya Pekanbaru sebagai peserta terakhir yang tampil di Konser Result Final Top 15 D Academy 3 tadi malam, Sabtu, 19 Maret 2016 dengan menyanyikan lagu “Asmara Ku Rindu”. Kata bunda Rita, penampilan Tasya bagus, menyanyinya tidak hanya sampai di telinga tapi bunda Rita terasa Tasya menyanyinya sampai ke hati. Di lagu kedua Tasya bernyanyi “Rindu Menanti”. Bunda Inul lebih suka penampilan Tasya yang pertama karena rasanya kurang sampai dan ada beberapa nada di rall yang kurang maksimal.
Hasil akumulasi perolehan SMS grup 2 Top 15 D Academy 3:
1.   Ical Majene (Aman)
2.   Rani Kutai Kartanegara (Tidak aman)
3.   Tasya Pekanbaru (Tidak aman)
Hasil Vote Juri
1.   Rani Kutai Kartanegara : satu lampu merah, empat lampu hijau
2.   Tasya Pekanbaru          : dua lampu merah, tiga lampu hijau
Dengan demikian Tasya Pekanbaru yang tersenggol tadi malam, Sabtu, 19 Maret 2016 di grup 3 Top 15 D Academy 3 karena mendapatkan lampu merah lebih banyak dari Rani Kutai Kartanegara.
Selanjutnya untuk penampilan grup 4 Top 15 D Academy 3, Senin, 21 Maret 2016 adalah Anggun Bima, Rafly Gowa dan Arin Cirebon. Mereka akan tampil mulai pukul 18.30WIB di Studio 5 Indosiar. Jangan lupa saksikan dan dukung mereka melalui SMS dangdut dengan cara ketik DA (Spasi) NAMA PESERTA kirim ke 97288 sebanyak-banyaknya.

*Review penampilan ini disampaikan oleh para host sebelum proses eliminasi berlangsung dan sudah disesuaikan kata-katanya untuk bahan penulisan artikel ini.

Thursday, March 17, 2016

Nisa Solo Yang Tersenggol Di Grup 2 Konser Result Final Top 15 D Academy 3 Tadi Malam, Kamis, 17 Maret 2016

Review Konser Result Final Top 15 D Academy 3 Tadi Malam, Kamis, 17 Maret 2016

Konser Result Final Top 15 D Academy 3 tadi malam, Kamis, 17 Maret 2016 menampilkan peserta dari grup 2 untuk malam kedua. Setelah malam sebelumnya para peserta ini sudah menampilkan dua lagu berbeda, penampilan tadi malampun sama demikian. Peserta dari grup 2 ini adalah Nisa Solo, Dila Karawang dan Duo Alfin Medan. Stelah bersaing ketat, akhirnya Nisa Solo       yang tersenggol di grup 2 Konser Result Final Top 15 D Academy 3 tadi malam, Kamis, 17 Maret 2016.


Dila Karawang sebagai kontestan pertama yang tampil di Konser Result Final Top 15 D Academy 3 tadi malam, Kamis, 17 Maret 2016 dengan menyanyikan lagu “Suami Yang Kejam”. Saran dari bunda Hetty agar Dila bisa mempertahankan suara khas yang dimilikinya sekarang. Komentar dari bunda Inul, kemajuan Dila pesat. Komentar dari bunda Rita, masih ada yang fals, terus belajar! Dila Karawang masuk ke zona tidak aman karena mendapat SMS dua terbawah, hasil vote juri menyatakan Dila mendapatkan satu lampu merah dan empat lampu hijau.
Selanjutnya penampilan kedua adalah Nisa Solo dengan menyanyikan lagu “Layang Sworo” di lagu pertama dan “Keramat” di lagu kedua. Bagian awal ada yang turun tapi pas bagian reff oke, kata teh Iis. Nisa sudah tampil sebagai penyanyi, komentar bunda Inul. Sudah oke penjiwaannya tapi masih kedengaran nafasnya, kata bunda Hetty. Hasil vote juri menyatakan satu lampu merah dan empat lampu hijau sama dengan Dila Karawang. Namun karena hasil perolehan SMS Nisa terendah jadi Nisa Solo Yang tersenggol di grup 2 Konser Result Final Top 15 D Academy 3 tadi malam, Kamis, 17 Maret 2016.
Setelah penampilan dari Nisa Solo, Rina Nose dan Fakhrul Razi Ibrahim diminta untuk berbagi kisahnya. Kapan perasaan cinta mereka itu mulai tumbuh dan kapan komitmen untuk bersama itu diputuskan. Rencananya, pasangan ini akan menikah di Alharomain Makkah tanggal 13 Juli 2016 mendatang yang kemudian dilanjutkan dengan ibadah umroh. Namun sayang karena sibuknya jadwal dan rencana yang tidak terduga, Fakhrul Razi belum bisa bertemu secara langsung dengan Pak Tatang, Ayah Rina, untuk bersilaturrahim dan meminta restu akan hubungannya bersama Rina. Dan tadi malam tim Indosiar memberi kejutan kepada pasangan ini dengan menghadirkan Pak Tatang untuk merestui hubungan putrinya tersebut. Suasana harupun menyelimuti Studio 5 Indosiar.
Dilanjut peserta ketiga Duo Alfin Medan sebagai penutup Konser Result Final Top 15 Grup 2 D Academy 3 tadi malam, kamis, 17 Maret 2016 dengan membawakan lagu berjudul “Tum Hi Ho”. Penampilan Duo Alfin Medan kali ini luar biasa syahdunya sehingga membuat kelima dewan juri dan komentator standing applause. Tak heran jika tidak ada komentar dari bunda Inul karena saking sempurnanya. Ketika biolanya dimainkan, merinding langsung bulu roma bunda Hetty. Sampai-sampai juga membuat menangis teh Iis.

Perolehan SMS Grup 2 D Academy 3 tadi malam, kamis, 17 Maret 2016:
1.  Duo Alfin Medan  : 37,1%
2.  Dila Karwang      : 32,5%
3.  Nisa Solo            : 30,4%

Karena hasil vote juri jumlah lampu merahnya sama, maka untuk menentukan siapa yang tersenggol dengan cara melihat polling SMS. Sehingga Nisa Solo Yang tersenggol di grup 2 Konser Result Final Top 15 D Academy 3 tadi malam, Kamis, 17 Maret 2016 karena mendapat SMS lebih rendah dari Dila Karawang.

Review Konser Final Top 15 D Academy 3 Grup 2 Tadi Malam, Rabu, 16 Maret 2016.

Review Dan Perolehan SMS Sementara Konser Final Top 15 D Academy 3 Grup 2 Tadi Malam, Rabu, 16 Maret 2016


Konser Final Top 15 D Academy 3 Grup 2 tadi malam, Rabu, 16 Maret 2016 menampilkan Nisa Solo, Duo Alfin Medan dan Dila Karawang. Mereka tampil sebanyak dua kali dengan lagu yang berbeda dan akan tampil lagi nanti malam untuk malam kedua dengan membawakan dua lagu yang berbeda pula.
Dipandu oleh empat host, Rina Nose, Irfan Hakim, Ramzi dan Gilang Dhirga acara ini berlangsung seru. Walaupun belum ada sang komentator Soimah yang masih saja absen sejak beberapa hari yang lalu tapi kehadiran Ivan Gunawan menjadi keseruan tersendiri seperti konser-konser malam sebelumya yang mana dipenuhi keceriaan bersama keluarga gunarso. Soimah tadi malam digantikan oleh Dewi Gita. Sedangkan juri yang hadir di konser tadi malam adalah Iis Dahlia, Inul Daratista, Rita Sugiarto, Hetty Koes Endang dan Fakhrul Razi Ibrahim.
Penampilan pertama diawali oleh Nisa Solo di Konser Final Top 15 D Academy 3 Grup 2 tadi malam, Rabu, 16 Maret 2016 dengan menyanyikan lagu berjudul “Bayangmu”. Mencuri nafasnya harus dipilih dimana yang pas, saran dari bunda Hetty. Bagian reff harusnya satu nafas, tambah bunda Rita. Penampilan Nisa kurang maksimal dan suara Nisa terdengar lebih serak dari biasanya, komentar teh Iis.
Sebelum sesi Nisa ditutup dengan promo SMS, Indosiar menelpon Febri, yaitu sahabat Nisa di Solo. Febri adalah seorang penyanyi, model dan juga designer. Sebagai seorang penyanyi lokal, Febri pernah menggandeng Nisa sebagai model video klip dilagunya. Sebagai seorang designer, Febri juga yang membuat baju-baju show Nisa saat pentas di D Academy 3, selain Nisa, para host  juga sempat memakai baju batik rancangan Febri pada Konser Resul Final Top 15 D Academy 3 Grup 1 kemarin.
Peserta kedua yang tampil adalah Duo Alfin Medan. Kali ini Duo Alfin membawakan lagu dengan memainkan alat musik akordion yang dimainkan oleh Alfin Habib dan Keyboard gitar yang dimainkan oleh Alfin Khairi.  Bukan hanya Gilang Dhirga yang ngefans sama Duo Alfin, teh Iis juga ngefans sama Duo Alfin. Hanya tehnik Alfin Khairi yang kali ini terlalu kelihatan seraknya, dan itu perlu diminimalisir, komentar teh Iis. Komentar bunda Inul, kurang greget karena yang satu serak yang satu kurang kontrol dan kurang duduk notnya. Bunda Hetty bilang sudah tidak ada fals tapi kompetisi ini semakin mengerucut dan yang dinilai adalah kualitas vokal jadi jangan monoton. Menurut bunda Rita, Duo Alfin pernah menggetarkan, jadi untuk selanjutnya harus lebih dari yang ditampilkan sekarang, karena Duo Alfin terbiasa bagus.
Peserta yang terakhir adalah Dila Karawang sebagai peserta penutup Konser Final Top 15 D Acdemy 3 di grup 2 dengan menyanyikan lagu berjudul “Dendam Kebencian”. Menurut bunda Rita, Dila punya kemajuan pesat tadi malam. Biasanya banyak yang fals tapi untuk penampilan tadi malam falsnya berkurang hanya saja perlu ditambah sedih untuk rasanya, tambahnya. Dila juga mendapat pujian dari bunda Inul karena masuk di 15 besar ini Dila banyak kemajuan.
Perolehan SMS Sementara
Perolehan SMS sementara tadi malam akan diakumulasi dengan perolehan sms sampai nanti malam. Dan perolehan SMS sementara tadi malam adalah Dila Karawang menempati sms pertama dengan prosentasi 36.1%. Duo Alfin 33.5% dan Nisa Solo 30.4%.

Jangan lupa dukung kontestan favorit dengan cara kirim sms dangdut ketik DA spasi NAMA PESERTA kirim ke 97288 untuk semua operator.

Wednesday, March 16, 2016

Sarah Tasikmalaya Yang Tersenggol Tadi Malam Di Grup 1 Top 15 D Academy 3, Selasa, 15 Maret 2016


Konser Result Final Top 15 D Academy 3 tadi malam akhirnya telah berhasil mengeliminasi satu peserta dari grup 1 Top 15 besar yang sudah berjuang sejak kemarin malam. Grup 1 Top 15 D Academy 3 ini terdiri dari 3 peserta, Sarah Tasikmalaya, Linda Ponorogo dan Irsya Bandung. Dan akhirnya Sarah Tasikmalaya yang tersenggol tadi malam di grup 3 Top 15 D Academy 3, Selasa, 15 Maret 2016.
Konser diawali oleh Nassar dengan menyanyikan lagu Nirmala. Disusul duet maut dari Rina Nose bersama Fakhrul Razi Ibrahim dengan menyanyikan lagu Kesempurnaan Cinta. Konser ini dibuka oleh para host yang memandu acara yakni Irfan Hakim, Ramzi, Andhika Pratama, Gilang Dhirga dan Rina Nose. Kelima para host tadi malam mengenakan seragam batik keren dan unyu-unyu sehingga nampak kompak dan serasi. Dikomentatori oleh keluarga gunarso, namun tadi malam keluaga ini menjadi nama keluarga sarwi, yakni Nassar dan Dewi Gita, karena Soimah dan Ivan Gunawan masih absen. Juri yang hadir pada konser tadi malam adalah Rita Sugiarto, Inul Daratista, Iis Dahlia, Hetty Koes Endang dan Fakhrul Razi Ibrahim, kekasih Rina.
Sarah Tasimalaya sebagai kontestan pertama Konser Result Final Top 15 D Academy 3 tadi malam dengan menyanyikan lagu berjudul “Mandi Madu” pada penampilan pertama. Belum ada yang spektakuler menurut bunda Ratu Inul Daratista, tapi secara keseluruhan penampilan Sarah bagus. Sama juga menurut teh Iis kalau penampilan Sarah tadi malam belum ada yang istimewa. Dan banyak komentar dan kritikan untuk Sarah dari bunda Rita. Di lagu kedua Sarah menyanyikan lagu “Cinta Terisolasi” dengan versi Sunda. Menurut bunda Rita penampilan Sarah di lagu ini amatlah keren sekali. Diakhir acara Sarah berada pada posisi tidak aman sehingga harus di-vote oleh dewan juri. Sarah mendapatkan dua lampu merah dan tiga lampu hijau.
Linda Ponorogo sebagai kontestan kedua tadi malam dengan menyanyikan lagu berjudul “Cinta Bercabang”. Salut untuk nada tinggi Linda, terang bunda Hetty. Setelah melihat penampilan Linda di penampilan pertama malam kedua, bunda Rita sampai penasaran dengan penampilan kedua Linda nanti. Menurut teh Iis, ada nada yang tidak pas tapi untuk keseluruhan bagus. Untuk penampilan kedua Linda tadi malam ia menyanyikan lagu berjudul “Padang Bulan”. Bahasa di lagu ini memang tidak dikenal oleh Fakhrul tapi Linda menyanyikan lagu ini rasanya sampai di Fakhrul.
Di segmen Linda kali ini diperlihatkan video tentang kekompakan pendukung Linda yang tergabung dengan nama Sahabat Linda. Sebelum masuk di D Academy 3 Linda mempunyai kegiatan salah satunya bergabung di PSDP yang merupakan kepanjangan dari Paguyuban Seni Dangdut Ponorogo yang berfokus pada kegiatan sosial. Setelah salah satu anggota PSDP ini masuk di D Academy 3, yang dimaksud yakni Linda, PSDP ini sekarang berfokus maksimal untuk menggalang dukungan untuk mendukung Linda agar menjadi juara D Academy 3. Saat ditanya Ramzi perihal kemungkinan Linda tersenggol yang akhirnya mengecewakan para pendukung yang amat banyak itu, Linda menjawab mantab, apapun yang terjadi Linda siap yang penting selalu memberikan yang terbaik.
Irsya Bandung sebagai kontestan terakhir di Konser Result Final Top 15 D Academy 3 dengan membawakan lagu berjudul “Tidak Semua Laki-Laki” yang diaransemen dengan 3 jenis musik, jazz, R and B, dan dangdut. Kontestan yang seperti Irsya ini tidak banyak di D Academy 3 dan Irsya patut dipertahankan, komentar teh Iis. Bagus sekali menurut bunda Rita. Bunda Inul suka imajinasi Irsya pada persembahan penampilan tadi malam. Masih lemah di nada rendah tapi kualitas vokalnya sudah tidak diragukan lagi, menurut bunda Hetty. Berani tampil beda dan paling menonjol diantara kontestan lain tadi malam, salut dari Fakhrul. Pada lagu kedua Irsya menyanyikan lagu berjudul “Tak Tega”. Irsya berada di posisi tidak aman tapi bejo mendapat lima lampu hijau dari hasil voting juri.

Setelah bersaing cukup di Konser Result Final Top 15 D Academy 3 akhirnya, Sarah Tasikmalaya yang tersenggol tadi malam di grup 1 Top 15 D Academy 3, Selasa, 15 Maret 2016. Dan untuk kontestan yang akan tampil nanti malam akan bersaing peserta dari grup 2. Jangan lupa saksikan, ya!

Monday, March 14, 2016

Peserta yang lolos Top 15 besar D Academy 3

5 Peserta Yang Tersenggol Di Top 20. Peserta Top 15 Besar. Peserta Yang Tampil Nanti Malam, Senin, 14 Maret 2016.
D Academy 3 Indosiar kini telah memasuki babak baru 15 besar. Setelah menyelesaikan babak 20 besar yang digelar terakhir pada hari Sabtu, 12 Maret 2016, mulai nanti malam, Senin, 14 Maret 2016 akan digelar konser perdana D Academy 3 Top 15 besar dengan menampilkan grup 1. Pada konser 15 besar ini, tentunya peserta akan bersaing sangat ketat demi menjadi yang terbaik diantara yang paling baik.


5 Peserta Yang Tersenggol Di Konser Final Top 20
Sebelumnya, D Academy 3 telah menyenggol 5 peserta Top 20, diantaranya adalah:
1.       Boy Aceh tersengggol di Grup 1 DA3 Top 20 tanggal 3-4 Maret 2016
2.       Ilham Polewali Mandar tersengggol di Grup 2 DA3 Top 20 tanggal 5-6 Maret 2016
3.       Haris Lombok tersengggol di Grup 3 DA3 Top 20 tanggal 7-8 Maret 2016
4.       Sona Barabai tersengggol di Grup 4 DA3 Top 20 tanggal 9-10 Maret 2016
5.       Lia Samarinda tersengggol di Grup 5 DA3 Top 20 tanggal 11-12 Maret 2016
Peserta D Academy 3 Top 15
1.   Sarah Tasikmalaya
2.   Anggun Bima
3.   Linda Ponorogo
4.   Tasya Pekanbaru
5.   Ical Majene
6.   Weni Pontianak
7.   Nisa Solo
8.   Duo Alfin Medan
9.   Dila Karawang
10.      Rani Kutai Karta Negara
11.      Ismail Gorontalo
12.      Icha Tangerang
13.      Arin Cirebon
14.      Irsya Bandung
15.      Rafly Gowa
Pada babak 15 besar ini, peserta akan dibagi menjadi 5 grup, masing-masing terdiri dari 3 peserta. Tak jauh dari babak 20 besar, peserta akan tampil beberapa kali dalam satu kontes untuk meyakinkan para dewan juri kira-kira siapa yang tersenggol dan siapa yang pantas maju ke babak selanjutnya, 10 besar.
Dan nanti malam, Senin, 14 Maret 2016 akan digelar konser perdana Konser Final D Academy 3 Top 15 yang akan menampilkan grup 1 yang terdiri dari Linda Ponorogo, Irsya Bandung dan Sarah Tasiikmalaya.

Jangan lewatkan untuk menyaksikan acara ini di Indosiar mulai pukul 18.30WIB dan dukung kontestan favorit Anda dengan mengirim SMS dukungan sebanyak-banyaknya dengan cara ketik DA (Spasi) NAMA PESERTA kirim ke 97288 agar tidak tersenggol dan mampu melanjutkan ke babak 10 besar.