Tuesday, April 12, 2016

Teks Pentas Drama Haflah Akhirussanah TPQ Al Ikhlash Jepara




Teks drama ini dibuat beberapa tahun yang lalu, tepatnya 2011, belum sempat dipublikasikan namun sudah pernah dipentaskan saat Haflah Akhirussanah. Drama tersebut merupakan drama sederhana yang diisi dengan selingan pentas lagu dan tari para tokoh. Menurut bunda Ni’mah (Salah satu Guru di TK Permata Insani Jamil Jepara) pentas drama ini lumayan bagus pada waktu itu. Memang kostum dan latar tidak terlalu semeriah pentas-pentas pada umumnya, tapi sajian dan penyampaian pesan pada waktu itu dinilai cukup berhasil.
Berikut cuplikan teks dramanya....
Assalamu’alikum wr. Wb
Selamat malam, bapak-bapak dan ibu-ibu serta teman-teman yang saya banggakan. Terimakasih telah berkenan hadir pada malam hari ini pada haflah akhirus sanah yang ke empat.  Kami di sini akan mempersembahkan sebuah drama yang berjudul “pentingnya belajar alqur’an“ oleh nuning fatihatul jannah.. Dan sebagai artisnya adalah.. (Sebutkan Nama)
Sore itu di masjid al-ikhlash, bu hajah maskanah sedang mempersiapkan para santri TPQ Al-Ikhlash yang akan belajar..
B : assalamu’alaikum wr. Wb.
Anak2 : wa’alaikumussalam wr. Wb.
B : good evening, student??
A: good evening, mom..
B: hu ar yu?
A: laif is wonderful. Tengkyu. En yu?
B : everitings gonnebi, oke.. Thanks.
Santi   : bu, bu, sebelum kita melanjutkan belajar alqur’an, saya mau bertanya, boleh?
B          : ow, ya, wit pleasure hani..
Santi   : apa sih bu kelebihan al qur’an kok sampai bapak dan ibuku menyuruh aku tiap sore belajar al qur’an, alqur’an, dan al qur’an??
B          : (tersenyum) al-qur’an adalah wahyu allah yang diturunkan kepada nabi muhammad saw sebagai mu’jizat terbesar sepanjang masa hingga hari kiamat, melalui perantaraan malaikat jibril alaihissalam., bagi yang mempelajari mendapat pahala dan dicatat sebagai ibadah bagi yang membacanya.
Salsa   : oh ya? Pahala? Wah berarti besok pahalaku banyak dong bu, cita2ku kan ingin jadi qori’ alqur’an.. Bisa melantunkan alqur’an dengan indah.. Dan orang2 yang mendengarpun pasti merasakan betapa nikmatnya alqur’an..
B          : subhanallah.. Cita2 yang mulia, tapi pesan ibu, kalau mau jadi qori’, membaca alqur’an harus dengan ilmu tajwid, fasih dan tartil..
Sela     : tapi bu, apakah mendapat pahala hanya bisa diperoleh dari membaca alqur’an?
Dia       : maksud bu guru, membaca alqur’an hanyalah salah satunya sob.. Mendapat pahala itu bisa dilakukan dengan apapun, dimanapun dan kapanpun.. Tergantung niat kita.. Makannya, lakukanlah segala sesuatu dengan niat ibadah, betul kan bu??
B          : yapz, seratus untuk dia
Siti      : bu, cita-cita saya ingin jadi pramugari.. Masak perlu belajar alqur’an?
Sela     : teman, walupun cita2 kita jauh dari hal2 yang bersifat agamis, tapi kita harus tetap belajar al qur’an. Termasuk juga ingin jadi pramugari.. Soalnya, jadi pramugari itu harus keren.. Kalau ada penumpang pesawat terbang yang naik haji trus kamu ditanya bisa baca alqur’an gag? Kalau kamu jawab bisa, pasti keren.. Untung2 kamu malah diajak naik haji bareng..
Santi   :trus bagaimana dengan aku yang ingin jadi dokter.. Jadi dokter kan harusnya belajar fisika, kimia, matematika dan ilmu sains yang lain?
Salsa   : wah kamu kok kupeng si, alias kurang pengetahuan. Di dalam alqur’an kan juga terdapat ilmu sains, alqur’an juga berfungsi sebagai obat.. Syafa, allah berfirman dalam al-quran yang artinnya "hai manusia sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari tuhanmu dan obat penyembuh penyakit (yang berada)di dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman (qur’an surat 10: ayat 57)
B          :ya, bagus, ibu bangga dengan kalian. Cita2 ibu ingin jadi penari yang hebat, tapi ibu lebih hebat karena bisa menjadi guru alqur’an kalian… (Selingan Menari)
B          : sudah, sekarang kita lanjutkan ya pelajarannya..
Anak2  : uce buuu..….
Sejak saat itu santri2 tpq al ikhlash semangat belajar alqur’an dan semangat mengejar cita2nya.
Demikianlah persembahan drama pada malam hari ini, semoga bermanfaat, dan jangan lupa ya buat bapak-bapak dan ibu-ibu untuk tetap memberi semangat pada putra-ptrinya.

Wassalamu’alaikum wr. Wb..

No comments:

Post a Comment