Saturday, April 2, 2016

Yang Perlu Disiapkan Untuk Peragaan Manasik Haji Anak

Perlengkapan Untuk Anak Dan Guru
Peragaan Manasik Haji Anak atau Peragaan Manasik Haji Cilik merupakan salah satu pembelajaran penanaman nilai agama dan moral dilingkungan pendidikan anak usia dini saat ini. Diperagaan ini, anak-anak diberi bekal bacaan do’a-do’a dan risalah rasul-rasul yang dipraktekkan di kala kegiatan peragaan manasik haji anak berlangsung. Selain bekal ilmu pengetahuan bagi anak untuk melaksanakan kegiatan ini, persiapan untuk peragaan manasik haji anak memerlukan beberapa fasilitas untuk anak dan fasilitas untuk praktek. Dan berikut fasilitas yang diperlukan untuk anak yang harus disiapkan:
1.   Pakaian Ihram plus kantong dan Peniti
Pakaian Ihram bagi anak laki-laki adalah dua helai kain putih tidak berjahit. Dipakai seperti gambar di bawah ini. Harga untuk pakaian ihram laki-laki termurah saat ini berkisar Rp. 45.000,- yang bisa Anda pesan di sini.
Pakaian Ihram Perempuan Manasik Haji Anak
Pakaian Ihram Laki-laki Manasik Haji Anak
Untuk pakaian ihram perempuan seperti baju muslim anak perempuan pada umumnya. Harga yang ditawarkan biasanya sedikit lebih mahal dari pakaian ihram laki-laki karena ditambah dengan kerudung. Disarankan bahan yang digunakan adalah berbahan kaos, agar anak merasa nyaman dan tidak terlalu gerah, mengingat kegiatan ini sangat padat dan melelahkan.
Kantong berfungsi untuk membawa batu kerikil. Sedangkan maksud peniti adalah untuk menahan bentuk dari pakaian ihram laki-laki yang tidak berjahit.
2.   Batu Kerikil Kecil sebanyak 9 biji (jika masing-masing jumroh tiga kali)
3.   Paspor Haji
Anak diberi Co-Card sebagai identitas jamaah haji atau paspor haji yang berisi foto, nomer kloter, nama anak, nama orang tua dan alamat.
Keperluan Tambahan Untuk Anak:
1.   Slayer atau Topi untuk perempuan dan Peci untuk laki-laki,
Jika peragaan manasik haji anak di lapangan terbuka seperti alun-alun, hendaknya anak-anak diberi tambahan topi atau peci, karena kondisi lapangan yang pastinya berdesakan dan cuaca panas.
Selain dari pada itu fungsinya adalah untuk memberikan tanda atau ciri sekolah jika kegiatan peragaan manasik haji anak ini diikuti oleh beberapa RA/TK/BA.
2.   Sepatu dan Kaos Kaki
Saat peragaan berlangsung hendaknya tetap memakai sepatu dan berkaos kaki agar aman. Karena banyaknya peserta, tidak bisa dipungkiri ada kejadian terinjak, atau mungkin terpeleset di medan yang licin.
3.   Celana pendek dan kaos dalam tipis bagi anak laki-laki
Sebelum memakai pakaian ihram, anak-laki-laki disarankan dilapisi dengan celana pendek karena dapat mengantisipasi kain yang jatuh (melorot). Begitu pula dengan fungsi kaos dalam tipis tersebut bisa disesuaikan dengan cara pemakaian pakaian ihram.
4.   Kipas tangan
Biasanya anak-anak merasa kepanasan saat di padang arofah. Kondisi di lapangan tentu tidak dipasangkan kipas angin atau AC, makannya tidak ada salahnya untuk mempersiapkan kipas manual atau kipas tangan seadanya, jadi, tidak perlu menungggu angin yang hendak berlalu.
5.   Minum dan Snack
Jika peragaan manasik haji anak ini diikuti oleh beberapa RA/TK/BA, tentunya para peserta harus menunggu peserta lain agar lengkap terlebih dahulu. Masa menunggu jamaah haji ini biasanya di padang arofah sambil melakukan dzikir. Karena pesertanya anak-anak, biasanya berdzikir dan membaca do’anya tidak berlangsung lama, untuk itu diperlukan senjata untuk menahan kenyamanan si anak di masa menunggu tersebut. Siapkanlah minuman dan makanan ringan.
Yang perlu dipersiapkan guru atau pihak sekolah:
1.   Bendera kloter
Selain bendera kloter yang dibawa oleh ketua rombongan (guru), biasanya bisa diganti dengan banner nama sekolah atau co-card yang dipakai oleh guru.
Nomer Kloter

2.   Slempang guru
Slempang guru fungsinya tidak lebih dari poin nomer 1.
3.   Kamera
Jangan lupa siapkan kamera baik itu kamera HP maupun digital untuk mengabadikan moment tersebut.
4.   PPPK
Selalu siapkan PPPK (P3K) untuk mengantisipasi kejadian-kejadian di luar dugaan.
Keperluan Tambahan Untuk guru atau pihak sekolah:
1.   Kendaraan
Jika pelaksanaannya tidak di sekolah sendiri, pihak sekolah tentu perlu menyiapkan transportasi. Kendaraan ini bisa dihayalkan pesawat, sebagaimana para jamaah haji Indonesia untuk melaksanakan haji yang sesungguhnya sekarang ini menggunakan jalur udara.
2.   Minum dan Permen saat di kendaraan.
3.   Tikar
Jika panitia tidak memberikan fasilitas alas saat menunggu di padang arofah.
4.   Payung, jas hujan, bisa dilihat sesuai cuaca.
5.   Makan.
Setelah kegiatan belangsung, siapkan makan untuk mengisi perut.
Demikian hal-hal yang perlu disiapkan untuk kegiatan Peragaan Manasik Haji Anak atau Peragaan Manasik Haji Cilik tersebut. Sebagian dari yang kami tulis merupakan list keperluan sekolah RA. Zaid bin Tsabit Ngasem Batealit Jepara siapkan. Semoga menginspirasi dan membantu pengecekan daftar fasilitas yang Bapak atau Ibu perlukan. Semoga bermanfaat....

No comments:

Post a Comment