Friday, February 5, 2016

Spesial Gandhes Banyuwangi

Gandhes Banyuwangi tadi malam 5 Februari 2016 menampilkan sebuah lagu Iming-Iming Rita Sugiarto. Penampilannya kali ini memukau dan dapat nilai positif dari kebanyakan juri. Dari hasil yang ada pada season terakhir Gandhes mendapatkan satu lampu merah saja yakni dari juri Saiful Jamil. Padahal saat penampilan Gandhes Banyuwangi sempat mendapatkan pujian dari juri yang banyak kontra versinya itu akibat alasan-alasan yang tidak jelas. Kata Saiful Jamil, Gandhes Banyuwangi adalah peserta yang cerdas karena bisa menyengkokkan lirik yang beda dengan aslinya, sehingga lagu yang disampaikan terasa lebih indah terdengarnya.


Bunda Inul Daratista dan Bunda Rita Sugiarto berkomentar bagus malam ini. Kalau dikata bunda ratu memang cuma “bagus” saja, tapi itu karena masih tergolong biasa dan rating nya masih skala besar, mungkin nanti ke depannya jika Gandhes Banyuwangi masuk sampai ke sepuluh besar mungkin akan dipuji oleh bunda Inul dengan “menakjubkan”. Secara jelas bunda Inul memuji Gandhes kali ini karena ia mempunyai progres yang bagus dan bunda Inul pun berdo’a semoga Gandhes mempunyai jiwa kompetisi. Bunda Dorce Gamalamapun berkata sama dengan bunda Inul dan bunda Rita. Dorce yang saat berkomentar menantang Gandhes untuk menyanyikan sebuah lagu daerah Banyuwangi itu dan Gandhes bisa, beliau juga ngajakin nyanyi Shoimah sebagai bahan improv keseruan di Dangdut Academy 3 Indosiar ini. Ditambah lagi keseruan saat Fahrur Rozi memberikan komentar. Juri asal Brunei itu malah mencoba menyanyi dan hasilnya bukan musik dangdut, melainkan menjadi musik Jazz. Rina Nose yang sekarang ini menjadi kekasihnya menduetka diri dengan nyanyian asalnya “Musim hujan kebanjiran, musim panas kebakaran, musim gugur keguguran, musim kawiiiiiinnn.. Kawin yuk?!!” Kontan semua orang langsung cekakakan mendengarnya. (Keinginan atau sekedar lelucon ya?)
Setelah para juri berkomentar, kini tibalah waktu komentarnya keluarga gunarso. Personilnya yaitu Igun atau Ivan Gunawan, Nassar dan Shoimah. Si Igun berkomentar lebih dulu. Dia membetulkan hiasan kepala Gandhes Banyuwangi dengan menaikan ke atas sedikit. Karena hiasannya hanya dinaikkan sedikit, jadi hasilnyapun tidak jauh beda dengan sebelumnya. Dan saat dia diolok oleh para host karena efek dari pembenahannya tidak terlalu terlihat (tidak terlalu puas), dia berakting bilang sama orang di belakang panggung dan bilang ke para hostnya juga kalau ‘ngebenahin’ itukan kerja, jadi hanya asal saja.
Si Nassar seperti biasa mengajari Gandhes Banyuwangi beberapa materi menyanyi, dan yang Shoimah saat mendapatkan gilirannya dia mengajak Gandhes untuk menyanyi lagu pantura yang ramai di Banyuwangi. Dan musik dari lagu itu sangat enak sekali dinikmati.
Sebelum Gandhes meminta bantuan polling sms, saat Nassar selesai berkomentar, para ‘julit’ dan host Andhika Pratama serta Gilang Dhirga memanggil Danang DA2 yang ada di belakang panggung. Danang yang tadinya membuka konser nominasi DA3 malam tadi dengan lagu Bunga Surgawi itu masih stand bye di belakang panggung. Saat sudah di atas panggung, Danang mengakui telah megajari sedikit cengkokan sebelum Gandhes Banyuwangi ini tampil. Karena sama-sama dari Banyuwangi, jadi mereka mugkin mempunyai rasa kesamaan dengan daerah asal yang sama sehinggga saling membantu. Danang menceritakan bahwa ia sudah kenal Gandhes sejak masih di Banyuwangi. Ia dan Gandhes sering bertemu di festival Banyuwangi, Jawa Timur. “Gandhes adalah junior saya, dan Gandhes adalah sosok yang kuat karena saat festival itu dia belum pernah juara satu dan dia ikut terus hingga akhirnya sampai ia juara satu, dan itu perjuangan yang luar biasa dan hebat sekali.” Begitu kira-kira kata Danang DA2 kepada audiance.
Penampilan Gandhes Banyuwangi ini diakhiri dengan permintaan sms kepada pemirsa yang sebelumnya ia salam-salam terlebih dahulu. Diantara salamnya adalah kepada teman-teman dan dosen UM atau Universitas Negeri Malang dimana Gandhes kuliah. “Cukup dengan ketik DA (Spasi) Gandhes kirim ke 97288 untuk Telkomsel, XL, dan Indosat.
Profil Gandhes Banyuwangi. Nama Lengkap: Gandhes Sembodro Budy. Pekerjaan: Mahasiswa jurusan Seni dan Desain Prodi Seni Tari dan Musik Universitas Negeri Malang 2013.

Konser nominasi top 28 besar grup 5 DA3, Jum’at 5 Februari 2016 menampilkan Haris Lombok, Gandhes Banyuwangi, Weni Pontianak, dan Linda Ponorogo. Yang tersenggol tadi malam 5 Februari 2016, Haris Lombok.

No comments:

Post a Comment